Yesaya

Latar Belakang
(Pendahuluan/Pengantar)
Fungsi: (JJ), (++), (+), (-), (--), (In).
Versi/Alat: [T], [B], [F], [L], [St], [3], [2] || [J], [R], [To] || (M), (S), (L), ©.
Bagian: Latar Belakang -- Garis Besar -- Tujuan dan Survai -- Ciri-ciri Khas.
Penulis          : Yesaya
Tema             : Hukuman dan Keselamatan
Tanggal Penulisan: + 700-680 SM

Latar Belakang
~~~~~~~~~~~~~~
Latar belakang sejarah bagi pelayanan nubuat Yesaya, anak Amos adalah
Yerusalem pada masa pemerintahan empat raja Yehuda: Uzia, Yotam, Ahas, dan
Hizkia (Yes 1:1). Raja Uzia wafat pada tahun 740 SM (bd. 1Sam 6:1)
dan Hizkia pada tahun 687 SM; jadi, pelayanan Yesaya meliputi lebih daripada
setengah abad sejarah Yehuda. Menurut tradisi Yahudi, Yesaya mati syahid
dengan digergaji menjadi dua (bd. Ibr 11:37) oleh Raja Manasye putra
Hizkia yang jahat dan penggantinya (+ 680 SM).

Yesaya rupanya berasal dari keluarga kalangan atas di Yerusalem; dia orang
berpendidikan, memiliki bakat sebagai penggubah syair dan berkarunia nabi,
mengenal keluarga raja, dan memberikan nasihat secara nubuat kepada para
raja mengenai politik luar negeri Yehuda. Biasanya, Yesaya dipandang sebagai
nabi yang paling memahami kesusastraan dan paling berpengaruh dari semua
nabi yang menulis kitab. Ia menikahi seorang wanita yang juga berkarunia
kenabian, dan pasangan ini memiliki dua putra yang namanya mengandung pesan
yang simbolik bagi bangsa itu.

Yesaya hidup sezaman dengan Hosea dan Mikha; ia bernubuat selama perluasan
yang mengancam dari kerajaan Asyur, keruntuhan terakhir Israel (kerajaan
utara) serta kemerosotan rohani dan moral di Yehuda (kerajaan selatan).
Yesaya memperingati raja Yehuda, Ahas, untuk tidak mengharapkan bantuan dari
Asyur melawan Israel dan Aram; ia mengingatkan Raja Hizkia, setelah
kejatuhan Israel tahun 722 SM, agar jangan mengadakan persekutuan dengan
bangsa asing menentang Asyur. Ia menasihati kedua raja itu untuk percaya
Tuhan saja sebagai perlindungan mereka (Yes 7:3-7; Yes 30:1-17). Yesaya
mempunyai pengaruhnya terbesar pada masa pemerintahan Raja Hizkia.

Beberapa cendekiawan meragukan apakah Yesaya menulis seluruh kitab ini.
Mereka menentukan pasal 1-39 (Yes 1:1-39:8) saja yang ditulis Yesaya
dari Yerusalem; biasanya mereka beranggapan pasal 40-66 (Yes 40:1-66:24)
berasal dari seorang atau beberapa orang pengarang lain sekitar satu atau
satu setengah abad kemudian. Akan tetapi, tidak ada data alkitabiah yang
mengharuskan kita menolak Yesaya sebagai penulis seluruh kitab ini.
Nubuat-nubuat Yesaya dalam pasal 40-66 (Yes 40:1-66:24) untuk para
buangan Yahudi di Babel jauh setelah kematiannya menekankan kemampuan Allah
untuk menyatakan berbagai peristiwa khusus di masa depan melalui para
nabi-Nya (mis. Yes 42:8-9; Yes 44:6-8; Yes 45:1; Yes 47:1-11; Yes 53:1-12).
Jikalau seorang dapat menerima perwujudan penglihatan dan penyataan kenabian
(bd. Wahy 1:1; Wahy 4:1-22:21), maka lenyaplah sudah halangan utama untuk
percaya bahwa Yesaya menulis seluruh kitab ini.  Bukti-bukti pendukung
positif cukup banyak dan tergolong di bawah dua bagian yang luas.

(1) Bukti dari dalam kitab ini sendiri mencakup pernyataan pembukaan
    (Yes 1:1) (yang berlaku untuk seluruh kitab) dan banyak kesamaan
    ungkapan dan pikiran yang mencolok di antara kedua bagian utama kitab
    ini. Salah satu contoh terkenal ialah ungkapan "Yang Mahakudus, Allah
    Israel" yang muncul 12 kali dalam pasal 1-39 (Yes 1:1-39:8) dan 14
    kali dalam pasal 40-66 (Yes 40:1-66:24), dan hanya enam kali di
    seluruh bagian PL lainnya. Tidak kurang dari 25 bentuk kata Ibrani
    muncul dalam kedua bagian utama Yesaya, tetapi tidak terdapat di
    kitab nubuat yang lain di PL.

(2) Bukti dari luar kitab ini mencakup kesaksian Talmud Yahudi dan PB
    sendiri, yang menghubungkan seluruh bagian kitab ini dengan nabi Yesaya
    (mis. bd. Mat 12:17-21 dengan Yes 42:1-4;
              Mat 3:3 dan Luk 3:4 dengan Yes 40:3;
              Yoh 12:37-41 dengan Yes 6:9-10 dan Yes 53:1;
              Kis 8:28-33 dengan Yes 53:7-9;
              Rom 9:27 dan Yes 10:16-21 dengan Yes 10:1-34;
              Yes 53:1-12; Yes 65:1-25).
Nomor Topik = "08093" | Untuk Indeks Topik (Kitab)
Untuk Selanjutnya | Ke Atas | Untuk Indeks Buku Alkitab (c).