Keluaran

Latar Belakang
(Pendahuluan/Pengantar)
Fungsi: (JJ), (++), (+), (-), (--), (In).
Versi/Alat: [T], [B], [F], [L], [St], [3], [2] || [J], [R], [To] || (M), (S), (L), ©.
Bagian: Latar Belakang -- Garis Besar -- Tujuan dan Survai -- Ciri-ciri Khas.
Penulis          : Musa
Tema             : Penebusan
Tanggal Penulisan: Sekitar 1445-1405 SM

Latar Belakang
~~~~~~~~~~~~~~
Keluaran melanjutkan kisah yang dimulaikan dalam Kejadian. Judul kitab ini
diambil dari kata Yunani _exodos_ (judul yang dipakai di Septuaginta, yaitu
PL dalam bahasa Yunani) yang artinya "keluaran" atau "keberangkatan." Kata
ini menunjuk kepada pembebasan bangsa Israel secara luar biasa dari
perhambaan di Mesir oleh Allah dan keberangkatan mereka dari negeri itu
sebagai umat Allah.

Dua persoalan mengenai latar belakang kitab Keluaran telah menimbulkan
pertentangan besar: tanggal bangsa Israel keluar dari Mesir dan penulis
kitab ini.

(1) Para ahli telah mengusulkan dua tanggal keluarnya bangsa Israel itu.

    (a) "Tanggal yang dini" (juga disebut tanggal alkitabiah) diambil dari
        1Raj 6:1 yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi 480
        tahun sebelum "tahun keempat, sesudah Salomo menjadi raja atas
        Israel"; berarti peristiwa ini terjadi sekitar 1445 SM. Juga dalam
        Hak 11:26, Yefta (+ 1100 SM) menyatakan bahwa bangsa Israel
        telah menduduki tanah mereka selama 300 tahun, yang akan
        menempatkan saat penaklukan kurang lebih tahun 1400 SM.  Kronologi
        peristiwa keluaran, penaklukan tanah Kanaan, dan periode para
        hakim ini cocok dengan sejarah Israel yang tercatat selama
        pemerintahan tiga raja yang pertama (Saul, Daud, dan Salomo).

    (b) "Tanggal yang belakangan" terjadinya keluaran (+ 1290 SM),
        diusulkan oleh para peneliti Alkitab yang liberal, berlandaskan
        anggapan-anggapan tertentu mengenai raja-raja Mesir dan
        penanggalan arkeologis tentang hancurnya kota-kota di Kanaan
        sepanjang masa penaklukan pada abad ke-13.

(2) Juga terdapat perselisihan pendapat antara para sarjana Alkitab
    konservatif dan liberal mengenai kepenulisan Musa.

    (a) Para penafsir modern sering kali memandang kitab ini sebagai hasil
        karya beberapa orang, yang diselesaikan pada waktu yang lama
        sekali setelah zaman Musa (disebut teori JDEP).

    (b) Akan tetapi, tradisi Yahudi sejak zaman Yosua (Yos 8:31-35),
        ditambah kesaksian Yesus (bd. Mr 12:26), kekristenan yang
        mula-mula, dan hasil penelitian konservatif masa kini, semuanya
        menghubungkan asal mula kitab ini dengan Musa
        (Lihat "PENDAHULUAN ULANGAN"   08021).
        Lagi pula, bukti-bukti dalam kitab itu sendiri mendukung kepenulisan
        Musa. Banyak hal-ihwal dalam kitab Keluaran menunjukkan bahwa
        penulisnya merupakan seorang saksi mata peristiwa-peristiwa yang
        tercatat (mis. Kel 2:12; Kel 9:31-32; Kel 15:27); juga, bagian-bagian
        tertentu dalam kitab ini sendiri membuktikan bahwa Musa terlibat
        langsung dalam penulisannya (mis. Kel 17:14; Kel 24:4; Kel 34:27).
Nomor Topik = "08009" | Untuk Indeks Topik (Kitab)
Untuk Selanjutnya | Ke Atas | Untuk Indeks Buku Alkitab (c).